Selasa, 21 Juli 2015

TIPS MEMBUAT KELAS BAHASA INGGRIS MENJADI MENYENANGKAN UNTUK ANAK SD









Membuat suasana kelas yang menyenangkan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan oleh para guru. Terutama untuk guru yang mengajar Bahasa Inggris di SD. Membuat murid merasa nyaman di dalam kelas merupakan hal yang bisa dikatakan mudah atau juga bisa dikatakan susah untuk dilakukan.

Kebanyakan guru yang mengajar Bahasa Inggris di SD masih mengajar dengan cara konvensional. Guru menerangkan sedangkan siswa hanya mendengarkan dan memperhatikan. Guru menulis dan muridpun menyalin di buku. Sebagai seorang guru kita harus dapat menyampaikan materi dengan cara atau metode yang lebih menarik bagi siswa sehingga materi yang kita ajarkan bisa tersampaikan dengan baik. Jika metode yang kita gunakan cukup menarik dan menyenangkan siswa pun akan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Sehingga itu semua akan berpengaruh terhadap hasil yang ingin kita capai terhadap pembelajaran itu sendiri.

Agar kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas menjadi menyenangkan,  ada beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain:


Pertama, Seorang guru harus selalu terlihat ceria dan memiliki antusias yang tinggi saat mengajar di kelas. Karena antusiasme seseorang itu akan menular kepada orang lain di dekatnya. Jika kita semangat, antusias, ceria dan tersenyum kepada murid kita maka murid kita juga kan membalas dengan antusias juga. Jika memasuki ruang kelas dengan wajah yang malas ini akan berpengaruh kepada siswa. Sehingga seorang guru harus memiliki semangat yang tinggi saat mengajar dikelas.


Kedua,  Mengajar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan media seperti lagu dan permainan (Songs and games). Media seperti ini juga dapat membangun semangat siswa dalam belajar terutama pada anak SD. Seorang guru Bahasa Inggris di SD bisa menyanyikan sebuah lagu anak dalam Bahasa Inggris dan mengajak siswanya untuk menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. Guru juga bisa memainkan sebuah game dan mengikut sertakan siswa dalam game tersebut. Sehingga siswa dapat belajar Bahasa Inggris tanpa merasa bosan. Dengan catatan lagu dan game yang kita gunakan memang berkaitan dengan pembelajaran yang akan guru berikan kepada siswa.


Ketiga, Guru bahasa Inggris harus membiasakan diri untuk menggunakan kalimat dalam Bahasa Inggris seperti kalimat perintah atau kalimat sapaan kepada siswa dalam Bahasa Inggris. Karena dengan demikian siswa akan terbiasa mendengar serta menggunakan Bahasa Inggris. Terutama untuk siswa SD mereka akan lebih cepat menerima dan mengingat pelajaran karena terbiasa dari mendengar suatu istilah Bahasa Inggris itu sendiri.


Keempat, Seorang guru harus kreatif dan inovatif, di saat-saat tertentu guru dapat mengajak dan mengajar siswa di luar kelas misalnya di sekitar sekolah seperti di kebun atau perpustakaan sekolah. Misalnya mengajarkan vocabulary kita bisa mengajak siswa le perpustakaan sekolah dan menyuruh mereka menyebutkan benda-benda apa saja yang ada di perpustakaan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga siswa akan merasakan sesuatu hal yang berbeda dan tidak merasa bosan saat belajar Bahasa Inggris.


Kelima, Memanfaatkan media elektronik. Yang dimaksud dengan media elektronik di sini seperti: komputer, radio, tape, LCD proyektor dan lail-lain untuk mendukung proses belajar mengajar Bahasa Inggris. Biasanya anak akan cepat menerima pelajaran dengan bantuan media karena anak bisa mendengarkan dan melihat secara audio visual. Selain itu dapat menghindari kejenuhan dan kebosanan. Apalagi pada jaman sekarang internet sudah menyediakan begitu banyak media pembelajaran yang bisa kita maanfaatkan agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa SD.

Itu dia kiat-kiat yang dapat dilakukan seorang guru SD, ada banyak hal lagi mungkin  yang dapat dilakukan selain dari tips di atas. So.. jadilah guru yang kreatif dalam mengajar, terutama mengajar siswa di SD.


Sumber: https://mirahchintya.wordpress.com/2013/06/08/4/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar